Menjelang Ujian Nasional

Dua minggu terakhir, kegiatan nampaknya di dominasi oleh berbagai rapat tentang Ujian Nasional di kotaku, banyak hal yang dibahas. Mulai menyiapkan daftar peserta sementara sampai ke persiapan ujicoba ujian nasional.

Mengenai uji coba kurang lebih ada tiga tingkat uji coba :

  • Tingkat Sekolah agenda nya tiap satu bulan sekali
  • Tingkat Kecamatan ini baru dilaksanakan 1 kali dan masih akan dilaksanakan 2 kali lagi.
  • Tingkat Kota baru hari ini di coba dan nanti akhir Maret sekali lagi

Sebegitu gencarnya siswa/i di latih untuk mencoba ujian nasional, dengan satu harapan kelak jika mereka ujian tidak canggung lagi, karena suasananya dibuat semirip mungkin dengan apa yang akan terjadi saat ujian.

Program yang lain yang berkaitan dengan program ujian nasional adalah Pelajaran tambahan untuk siswa, ada yang menyebutnya jam ke 0, artinya siswa harus mulai belajar jam 6 pagi, ada yang melaksanakannya siang setelah jam pelajaran “resmi” usai. Dan kebanyakan sekolah melaksanakannya dengan acara ” mencoba soal-soal Ujian Nasional yang telah lalu ” atau istilah gurunya biasa disebut “drilling”.

Tak ada yang memperhitungkan jenuhkah siswa mengikuti sekian banyak agenda yang dibuat. Tak ada yang khawatir akankah metoda drilling itu bermanfaat bagi siswa atau tidak. Yang jelas siswa harus mempersiapkan segala sesuatunya menjelang Ujian.

Bagi guru semua itu merupakan rutinitas yang dijalani selama 3 tahun terakhir, setiap menjelang ujian. Insya Allah semua itu dilakukan semata-mata karena tak ingin melihat anak didiknya dinyatakan gagal dalam Ujian Nasional.

Selamat berjuang nak, semoga sukses

~ oleh kangguru pada Februari 26, 2007.

31 Tanggapan to “Menjelang Ujian Nasional”

  1. Saya sungguh angkat topi dengan jasa-jasa para guru. Memang benar guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

    Semoga kelak anak didik Pak Guru menjadi orang yang berguna, bagi keluarga, bangsa dan negaranya.

    Dan semoga juga murid tahu diri akan jasa-jasa para gurunya.

  2. Pak guru,
    ujian nasional itu bahan2nya sudah di ajarin semua ke muridnya apa belum, sptnya kurikulum kok beda2

  3. @prayogo thx pak nambah semangat
    @senyumsehat udah donk bu kalo bahannya yang belum soalnya, soal kurikulum memang sekarang ini ada di persimpangan, tapi soal ujian dijanjikan hanya ada 1 berdasarkan standar kompetensi lulusan

  4. Apakah cara seperti itu bisa mengatrol mutu pendidikan atau tidak yah… saya kok pesimis yah. Apakah pendidikan sekarang semuanya diarahkan model seperti ini yah? kali aja kang guru dapat bocoran tentang skenario pendidikan indonesia ke depannya bagaimana?

  5. @Pak guru
    saya juga pesimis kang, bocorannya semakin ngak jelasa mau di bawa kemana pendidikan ini, nampaknya angka-angka statistik bagi para pengambil keputusan lebih berarti dari pada proses yang terjadi di sekolah-sekolah

  6. Aduh. Saya kebetulan mengajarkan bahasa Indonesia kelas IX. Terpaksa deh ngelesi juga. Padahal buat apa sih les bahasa Indonesia, lha kan bahasa itu sebuah keterampilan. Drilling soal begitu menjenuhkan. Saya minta supaya bisa ngajar kelas VIII saja, kok ya tega tuh pimpinan nggak meluluska permintaan saya. Saya betul-betul tersiksa kalau harus ngelesi. Itu dari dulu semenjak jadi guru. Lha sekarang terpaksa – jadi robot.

    $willyedi
    met ngeles pak

  7. Wah, lama tidak numpang ngopi di tempatnya Kang Gur nih…

    Selamat berjuang nak, semoga sukses

    Selamat berjuang juga Pak, semoga sukses dalam menyukseskan para siswa.

    #deking
    waduh jalan=jalan terus nih rupanya hehehhe monggo pak diunjuk kopine

  8. […] 28th, 2007 by deking Baru saja mampir di tempat salah satu rekan guru dan membaca tentang ini Bagi guru semua itu merupakan rutinitas yang dijalani selama 3 tahun terakhir, setiap menjelang […]

  9. kalo salah tolong dikoreksi…
    saya melihat beberapa anak-anak yang usia pada saat masuk sekolahnya masih dini pada saat sekolah lanjutan mengalami kejenuhan.. memang mungkin ini tidak berlaku pada semua anak dengan kondisi seperti itu…,apakah metoda itu juga tidak akan membuat jenuh juga…kayaknya anak-anak sekarang kurang belajar dari alam.. **lho g nyambung ya**

  10. menyambung ketidaknyambungan komen dari x-woman :
    mungkin perlu dirancang inovasi pembelajaran buat anak SD atau pendidikan dasar Pak guru, jadi metode konvensional yang ada sekarang perlu diperbaiki kemasannya sehingga tidak membosankan.
    meskipun menurut saya, lebih membosankan kuliah, mending dulu pas SD *halah*

  11. pendidikan indonesia memang perlu banyak yg harus diperbaiki..
    yang cukup parah saat ini adalah adanya kerusakan moral bangsa indonesia..
    perlu peran semua pihak agar moral bangsa indonesia dapat berubah menjadi lebih baik lagi, tidak saja peran dari kalangan guru, tetapi juga semua pihak… semua pihak..

    Yk ach kita perbaiki

  12. @xwoman
    Sependek yang saya tahu memang menjenuhkan

    @antobilang
    Banyak sebenarnya metode yang lebih “fun” cuman yaitu gurunya juga banyak ngak tahunya

  13. guru pesimis saya pengen pipis.. eh salah.. saya juga pesimis dong.. ayo para guru walaupun kesejahteraannya masih perlu ditingkatkan? mari kita ama² optimistis.. plis.. berima neh.. hehehe

  14. eleuh salah ketik di luhur.. ama² teh sama² maksudnya.. punten yeuh maklum ngetik na 11 jari

  15. wah, kalo belajar mulai jam 6 pagi, kasihan pak. saya dulu juga ngalami hal seperti itu. 3 bulan sebelum unas masuk jam 6 padahal hari biasa aja saya masuk dari jam 7 sampai jam 3 sore, pas h-3 bulan ditambah sampai jam 4 dan hasilnya cuma siswa yang tambah stress, bukan tambah pinter.

    bukankah belajar yang efektif bukan lamanya tapi kualitasnya kan pak. atau apa memang masih terlalu banyak guru di indonesia yang belum bisa membelajarkan siswanya dengan kualitas yang baik ya??????

    tanya siapa???

  16. @ grandiosa
    Pesimisnya bukan karna anak kang tapi arah kebijakannya yang ngak menentu

    @ndarualqas
    bener pak kasihan juga lihat siswanya, yup efektifitas proses belajar mengajar kayaknya baru sedikit yang memperhatikan

  17. gimana ya, anak sekarang tantangan dan rintangannya makin berat lho, itu tuh, gara-gara sinetron di tv yang cuma ngajari cara “nembak”, belum kurikulum yang berubah-ubah, tambah susah aja. tapi gimana juga ujian itu penting sih untuk ngukur kualitas pendidikan di Indonesia. buat bapak/ibu guru yang iklas aja ya dalam ngelesi, pasti entar dapat balasan koq….

  18. Guru paling berpengaruh abad ini kan televisi

  19. Seneng kali yaaa

    kalau guru menjadi yang digugu dan ditiru

    artinya
    pak guru dan bu gur kita kembali ke niat ikhlas

    mungkin pendidikan kita berubah atau …. entahlah. rasanya seperti mimpi ya melihat sosok guru yang dihormati murid karena keikhlasan dan kebaikannya.
    karena gurnya anak(TV) sekarang selalu mengajarkan melecehkan guru.
    Kapan ya ada ujian akhlak, sebagai tolok ukur keberhasilan pendidikan?

  20. aku siawa kelas xii ips .aku butuh soall2 prediksi ujian 2007 ;. bisi kirimi aku soal2 prediksi uan 2007 ,tolong ya

  21. dear mama papa…..!!
    mudah2 an untuk Ujian nasional yang akn dilewatin 17-19 april 2007 nntii… bakalan lancar..:-)

    n Q dapetin hasil yang terbaik ….:)

    amienn

  22. pak guru…. saya jenuh….. saya takut…. jenuh karena stres belajarrrrrrrrrrrrr truzzzzzzzzz… saya takut karena takut gak lulus uan…. pak guru… doakan saya lulus uan yah….. saya stres….. 2 kali pra uan 2 kali juga saya tidak lulus….. saya siswa kelas 3 sma ips…. ekonomi dan bahasa indonesia sih insya allah tidak akan ada masalah… tapi yang saya pusingkan itu mata pelajaran bahasa inggris…. pak saya takut menghadapi uan…… pak doakan saya ya… pak saya minta doa pada semua guru-guru di indonesia agar mendoakan semua anak bangsanya lulus un tahun 2007 ini…. dan saya harap semuanya lulus dengan cara yang jujur tanpa ada bocoran dari siapapun… kenapa saya bilang begitu… karena sekolah saya termasuk sekolah yang jujur banget… mereka samasekali tidak ingin siswanya lulus tidak jujur…. mereka ingin siswanya lulus 100% karena kemampuanya sendiri… pak doakan kami lulus un ya pak…..

  23. aku sangat bangga punya guru kayak di MAN MALANG 2 BATU…. tapi kadang suka kesel juga…tapi kuyakin itu yang terbaek bwt kita.meski uan mnakin sulit pasti lulus semua kan

  24. gw pusing banget ngadepin UN jaman sekarang ini,,,,pemerintahnya pada ga punya otak semua

  25. pemerintah kenapa si UN harus kaya gini,,,bikin pusing murid2 aja,,,,,,ga punya otak luh………

  26. gw pusing bkan kepalanggg

  27. `pak presiden ……. tolong UN aDA bocorannya soalnya anak2 ga pada bisa ngerjain soal2 itu .try out ja ga pada lulus gi mana indonesia ga maju kwkwkwkwkwkwk

  28. kenapa pemerintah bikin soal UN nya yang ada .paket A & paket B jadinya anak- anak ga bs ngerjain deh

  29. saya guru B Indonesia kls 7 yg kebagian ngelesi bahasa Indonesia.Drilling memang bagus, tetapi efeknya anak-anak sekedar menghafal soal.

  30. Pemerintah kya kurang kerjaan, dulu nama SMA di ganti SMU ehhhhh… sekarang balik meneh jadi SMA, dulu UNAS 6 pelajaran terus di rubah jadi 3 ehhhhh….sekarang balik meneh jadi 6..itu maksudnya apa..???? mikirin proyek atau mikirin kemajuan anak bangsa..??? ye opo iki rek… gimana mau maju kalo kebijakan di rubah2 harusnya siapapun menterinya kebijakan terus berjalan tidak berubah…. Semoga kedepannya Indonesia lebih bijak dalam mengeluarkan keputusan… MERDEKA..!!

  31. kenapa ujian nasional sekarang tambah banyak ,khususnya memberatkan siswa pada saat ini kalau uan ada 6 mata pelajaran , seharusnya 3 mata pelajaran saya rasa cukup

Tinggalkan Balasan

 
