Focus Discussion Group

Hari ini saya beruntung ( lagi ), bisa ikut gabung dalam forum diskusi antara guru dengan para peneliti ( mungkin ) . Focus diskusi kali ini meliputi, manajemen berbasis sekolah, aktivitas pembelajaran, dan partisipasi masyarakat.

Sub topik 1 : role and priorities

Pertanyaannya meliputi :

  1. Apakah sekolah menetapkan prioritas dalam rangka peningkatan mutu sekolah?
  2. Bagaimana peningkatan mutu direncanakan?
  3. Bagaimana keterlibatan guru dalam perencanaan peningkatan mutu, khususnya dalam rangka manajemen berbasis sekolah dan kegiatan pembelajaran?

Sub topic 2 : capacity building

Pertanyaannya meliputi :

  1. Bagaimana sekolah berpartisipasi dan memfasilitasi pengembangan kapasitas dalam manajemen berbasis sekolah dan proses pembelajaran?
  2. Apakah pengembangan kapasitas itu menunjang tugas-tugas guru dalam pengembangan manajemen sekolah dan proses pembelajaran ?
  3. Apakah materi pelatihan dalam manajemen berbasis sekolah dan proses pembelajaran berdampak pada pengembangan manajemen berbasis sekolah dan proses pembelajaran ?

Sub topik 3 : performance sistemPertanyaannya :

  1. Bagaimana sekolah menginformasikan berbagai kebijakan sekolah, sistem pengelolaan keuangan, SDM dan sistem pendukung lainnya?
  2. Bagaimana sekolah mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang mendukung pencapaian kualitas manajemen, proses pembelajaran dan partisipasi masyarakat?
  3. Apakah dengan diterapkannya manajemen berbasis sekolah di sekolah saudara, akuntabilitasnya meningkat?

Kesimpulannya :

Semuanya masih dalam taraf diatas kertas belum dapat menyentuh proses yang terjadi di sekolah, kering akan makna, jauh panggang dari api, bukan konsep yang salah pelaksanaannya yang ngak bener

Menurut anda bagaimana??

~ oleh kangguru pada Maret 6, 2007.

12 Tanggapan to “Focus Discussion Group”

  1. Nah itu kang, konsep kudu mateng, klo ga mateng asal buat tanpa research ntar percumah deeh…:(

  2. @bu dokter
    kan diajarin bu dokter teknik surveynya🙂

  3. yang jelas, (saya usul nih pak) jangan melakukan pengembangan sekolah hanya untuk meningkatkan “mutu sekolah” tetapi juga pikirkan (dan yang utama) mutu anak didik kita baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun moral dan etika.

  4. @ndarualqas
    yup saya setuju kalo semua itu di tujukan untuk membangun manusianya

  5. Sependek yang kita tahu, soal konsep sebenarnya kita sudah sangat bagus. Akan tetapi yang jadi masalah adalah masalah implementasi.

    Kita terlalu biasa dengan FGD, seminar, diskusi di hotel-hotel berbintang. Sementara hasilnya tidak ada ahkan jauh pangang dari api.

    semoga kedepan pendidikan kita makin bermutu. Sehingga lost generation itu tidak akan pernah ada.

    FGD nya ngak di hotel tapi di ruang kerja saya yang nyempil segede upil

  6. Bingung juga ngomentarnya…

    heheheheh lha itu udah komen

  7. horeee gaji guru naik…..upss salah tho??

  8. @traju
    emang naik sama dengan pns laen

  9. Saya komen ‘yah gitu deh’.

  10. Memang begitu, invisiblehand sudah terlalu kuat mengatur kita. Benar nggak ya – nyambung nggak ya?

    nah itu kang invisible nya itu yang jadi soal

  11. kANG, PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN NAON NU DIBAHASNA?

    @tie
    Entah bu waktu itu komite dengan guru dipisah sich FDG nya

  12. Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
    Tempat : aula perpustakaan Universitas negeri Jakarta
    Tanggal : Rabu, 21 januari 2009
    Investasi : RP. 100.000
    Pembicara : Drs. Ucu Cahyana, M,si (lemlit UNJ)
    Contact person : 081510056669
    Sekretariat KPM (kelompok Peneliti Muda)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: