Gerak Tutup Mulut

Dulu ketika SMA aku pernah belajar tentang gerakan suatu benda,
ada gerak lurus, ada gerak melingkar, ada gerak harmonis
dan berbagai macam variannya.
Namun kini nampaknya telah hadir ditengah kita suatu gerakan aneh bin ajaib,
sampai seorang presiden menjuluki gerakan itu dengan nama


Gerakan Tutup Mulut
Gerak lurus mengingatkan untuk tetap jujur, karena setiap saat segala sesuatu besaran fisikanya terdefinisi dengan jelas.
Gerak Melingkar mengigatkan kita akan perputaran nasib layaknya sebuah roda
Gerak Harmonis memberi tahu tentang keadaan seimbang kehidupan kita .
Namun
Gerakan tutup muluthanya menambah keruh suasana yang memang sudah keruh dalam suatu lembaga pendidikan yang konon katanya mengemban misi yang sangat mulia dalam membangun bangsa ini.
Banyak gerakan yang bisa dibuat untuk membangun bangsa ini. Namun nampaknya gerakan itu bukanlah gerakan tutup mulut
Mengapa saya menulis ini, karena saya merasa kagum terhadap sistem pendidikan yang lebih keras dari militer itu, apa yang membuat saya kagum :
1. Berdasarkan pengalaman jadi guru ternyata sangat sukar untuk mengajarkan seseorang untuk menjadi penurut
lah ini saking nurutnya sama senior digebukin sampai mampuspun tetap tak melawan, rupanya berlaku peribahasa semutpun kalau diinjak-injak terus ya mengigit mati.

2. Dalam film-film heroik selalu digambarkan kalo jagoan militer tertangkap maka jagoan itu akan tutup mulut, jadi hanya jagoan saja yang dapat tutup mulut sampai datang bantuan.

3. Robot merupakan sebuah produk teknologi canggih, yang merupakan hasil kerja ribuan pemikir genius, bahkan sampai saat ini hanya belum bisa melayani seluruh keinginan majikannya, namun sebuah sekolah (institut) penganiayaan dalam negeri di negeri tercinta ini dapat menghasilkan ribuan robot biologis yang siap menjalankan semua perintah tuannya.

Ketiga alasan diatas lah yang membuat saya muak kagum terhadap keberhasilan sistem pendidikan yang demikian hebat. Melongok lebih dalam kedalam teori pendidikan saya (yang merasa kagum ini) berusaha bertanya pada Mbah Google tentang teori apa yang mereka gunakan sehingga demikian berhasil, namun mbah Google yang biasanya sangat waskita ( wasapada permana tinggal ) weruh sadurung winarah, nampak membisu dalam menjawab tentang teori pendidikan yang berazaskan kekerasan. Nampaknya saya harus segera mengadakan program studi banding ke perguruan itu.
Dalam prakteknya saya sering menemui kesulitan untuk membuat murid-murid saya jadi penurut, alih-alih jadi penurut malah lebih banyak yang jadi pembangkang, mereka suka ngoceh di kelas, mereka berani melaporkan kelakuan guru ke kepala sekolah, mereka berani memprotes pendapat guru, dan sayangnya aku pelihara keberanian mereka.
Tetap Berani Anak-anakku

~ oleh kangguru pada April 18, 2007.

29 Tanggapan to “Gerak Tutup Mulut”

  1. pertamax

  2. Robot biologis yang nggak siap ekspor, hanya untuk dipakai sendiri dan memerlukan biaya maintenance yang besar…. Duitnya dari siapa?? dari rakyat….. Bubarkan pabriknya…

    @faiq
    oh belum siap ekspor ya, yu bubarkan yu

  3. entah dengan kata-kata apa lagi nih pak ngungkapinnya…

    Mungkin mereka tidak percaya diri untuk buka mulut, harus konsultasi dulu dengan bu dok Evy belajar percaya diri untuk membuka mulut.

    Eh pa bade tumaros, jenengan bapa teh saha meni teu acan uninga😀
    @xwoman
    ngak usah dengan kata-kata dengan petisi aja

  4. lho…praja kan pasukan brani mati..ya harus jago tutup mulut dong😀

  5. benar pak…jangankan membuat anak orang lain penurut, membuat anak sendiri untuk menjadi penurut aja susahnya minta ampun…;)

  6. sumpal sekalian mulut mereka, dengan gombal, dengan kehormatan, apa sekalian dengan jabatan camat yang mereka idam-idamkan itu juga boleh.

    @peyek
    mau donk disumpal jadi camat

  7. hehehe…
    kebetulan banget spt-nya

    saya mengunggah tulisan baru ttg robot. bukan utk ‘tutup mulut’, malahan mengajak utk ‘buka mulut’.

    salam,
    (^_^)

    @axireaxi
    bisa diajak ngegosip dong

  8. Giamana ya kalau semua camat di negeri ini adalah ‘robot’ seperti itu, tahun 2020 apa negeri ini sudah maju ?

    @abuanas
    ya gampang nanti kita diperintah robot

  9. wakaka.. rame euy.. menarik sekali masalah ini memang ga ada habisnya

    @grandiosa12
    mana-mana nu rame bagi atuh

  10. Yuuuk studi banding yuuuuu……

    Ternyata Indonesia punya produk yang layak ekspor euy…
    Apa itu? Ribuan (udah jutaan belum ya?) robot biologis pemusnah yang siap disuruh apa saja… oleh tuannya (senior).

    Harusnya, Amerika atau Jepang studi banding ke negeri kita ya…, sayang mereka (Amerika, Eropa, Jepang) ga tahu “produk teknologi” kita…, saya “bangga” deh jadinya..

    Udah ah, takut ketahuan senior… hehe..

    @mathematicse
    sssst itu senior dengerin

  11. Salam kenal, …
    Numpang lewat..🙂

    ankerzone
    mangga-mangga silahkan

  12. bubarkan IPDN.

    @kang biho
    klik

  13. Sengaja mulutnya ditutup, karena nanti juga pada gilirannya dia buka sendiri…hhhhmmmmmm

  14. Hayo…jangan2 kang guru ingin mengajarkan gerakan tutup mulut juga😀

    @deking
    ngak kook ngak ngajarin cuman ngasih contoh😛

  15. Maaf sedang tutup mulut, pak guru

  16. GTM🙂

    @Luthfi
    definisi baru🙂

  17. mungkin tergantung tempatnya pak ?

    kalau di sekolah pulisi/militer/detektip dll hal diatas memang harus diajarkan , kalu nggak nurut atasan nanti kalau ada perang bisa kacau..anak buahnya nggak manut gimana??

    kalau disekolah umum rasanya kok kurang pas..

    @junthit
    hehehe pantes sulit ya wong anak smp kok yang saya ajarin

  18. Wah tulisannya cukup tajam ya.
    Semoga pendidikan nantinya mengajarkan manusia menjadi manusia seutuhnya yang berakhlak, bermoral, dan bisa berpikir jernih. Amin.

    @anthony
    tajam sich ngak cuman nyindir hhehehe

  19. Kalo gitu sindiran yang tajam (gak mo kalah, hehehe)…
    Tapi bagus kok, BTW jadi guru di mana sih?

  20. hmmm…..gerakan tutup mulut tapi boleh makan kan bos?
    *teuteup……*

  21. Diam itu Emas, namun jika terjadi kemungkaran di depan mata, maka diam bukanlah solusi

  22. Aku juga suka bikin gerakan tutup mulut beneran buat pasen2ku yg patah rahang, tak iket mulutnya atas bawah untuk fiksasi…kasihan jadi kurus kang

  23. Saya punya usul, bagaimana kalau kita buat juga juga aksi “TUTUP PINTU” Biar tamu gak bisa masuk :))

  24. ternyata ada penemuan baru juga ya tentang gerak?!
    mungkin lebih baik gerak tutup mulut kanggurudari pada gerak brown tar bocor kemana-mana, ketauan dunk kangguru lagi gak ngajar!:-)

  25. […] ini diikuti dengan protes mengenai Gerakan Tutup Mulut yang dilakukan para Praja. Serta dukungan lainnya yang diutarakan oleh sang kodok dengan cara […]

  26. Coba aja gerakan tutup mulutnya dipake buat urusan lain yang berguna buatbangsa.. ketimbang tutup mulut buat model beginian.. this is not worth silence at all🙂

  27. Biarpun mulutnya terbuka, tapi hatinya tertutup…
    lalu apa gunanya….

    @agorsiloku
    betul pak hatinya dulu yang di benerin

  28. wah proses tutup mulut yang dilangsungkan adalah dalam rangka latihan agar hatinya tertutup, karena yang diharapkan adalah manusia-manusia yang tertutup hatinya, matanya dan telinganya karena untuk itulah mereka dididik, astagfirullah semoga mereka sadar.

  29. Pendaftaran Top-Posts Maret-April 2007 telah dibuka.
    Silakan daftarkan postingan Anda di http://muhshodiq.wordpress.com/2007/05/02/pendaftaran-top-posts-maret-april-2007/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: