Mari buka ladang ganja

Selain menggabungkan UU Narkotika dan UU Psikotropika, kabarnya, BNN juga berupaya memasukkan kajian melegalkan ganja ke dalam RUU Antinarkoba. Menurut hasil kajian sementara yang dilakukan BNN dengan Indonesian National Institute of Drug Abuse(Inida), manfaat ganja lebih banyak ketimbang sisi buruknya. “Sasaran awal kami didirikan pusat penelitian ganja yang dilindungi undang-undang,” kata Direktur Pengembangan dan Riset Inida, Tomi Haryatno.

Selama ini, banyak kalangan menutup mata dengan banyaknya manfaat ganja untuk berbagai bidang. Daun yang bisa disayur, batang ganja yang bisa dijadikan serat tali. Terang Tomi adalah sebagian manfaat dibanding dampak negatif dari asap ganja.

Tidak adanya payung hukum bagi usaha penelitian ganja, selama ini, kata Tomi, mengakibatkan minimnya akses informasi masyarakat terhadap tanaman yang tumbuh subur di dataran Aceh itu. Karenanya, Inida mendesak legislatif agar segera mengesahkan RUU Antinarkoba. Dengan melakukan percepatan riset ganja, tambah Tomi, kajian ganja baik secara sosial, laboratoris, ataupun medis dapat segera dilaksanakan.”

Diatas merupakan kutipan berita yang di comot dari sini . Dan sempat membuat saya bingung karena selama ini ganja masih saya anggap barang haram. Pikiran jelek sempet melintas di otakku yang bebal, dan sempat saya tulis di Blog.Pokoke.com

Banyak mana yah manfaat dan mudlharatnya???

Plis Dong ah

~ oleh kangguru pada Juni 18, 2007.

58 Tanggapan to “Mari buka ladang ganja”

  1. Buset!! Mau dilegalkan???

    Mesti ngabari kaum salafy neh, mau nanya ganja itu bid’ah atau apa…

    Tapi yang jelas, googling dulu, bener ga seh, manfaat ganja lebih besar dari mudhorat-nya..?

    BTW, trims infonya pak…

  2. Ternyata bisa dijadikan sayur ya..
    baru tau aku.
    Tapi daripada makan sayur ganja, mendingan makan sayur bayam atau yang lainnya. Sudah jelas manfaatnya🙂

  3. wes masih ditanya yah banyak mudharatnya dong !

  4. *mBayangin anak-anak kecil pada makan sayur ganja *
    Nyam nyam nyam enak, seger
    *gubrak langsung pingsan*

  5. yah kembali ke moral saja. sebenarnya sah sah saja. tapi moralnya bagaimana? berhubung bangsa indonesia sendiri masih belum siap menerimanya, ya jalan terbaiknya bagaimana?

    tentu bila kita ikut pemikiran yang hati-hati, jelas penyalahgunaan itu akan ada. semua bak pedang bermata dua. tetapi bila memang begitulah cara untuk memakmurkan indonesia meskipun harus dengan jalan “yang tidak dibenarkan” misalnya (ekstrimnya loh), ya udah jalanin saja. kembali lagi ke masalah di atas: MORAL!

    memang benar bisa dibuat sayur. jangan kaget saja, mengapa di aceh ladang ganja. karena mereka terlanjur mengenalnya sebagai bumbu dapur. dan dewasa ini baru diketahui kegunaannya di bidang lain.

    hmm… tetapi bila di lihat, bisa jadi (mungkin loh) negara sudah habis akal dan langkah untuk menaikkan pendapatan negara (kayaknya sih). kalau gitu, daripada menafikkan diri sendiri, legalkan saja yang lain (seperti judi dan warung remang-remang (tau kan maksudnya?)) biar tambah pendapatan. semua juga “cuman” punya efek yang ngga seberapa seperti hanya masalah ganja atau lainnya. itu juga kalau mau, dan memang sudah buntutnya “daripada kadung malu menjadi negara ke-3, mending di cap sebagai negara kaya namun bandar saja”. dan kembali lagi, sama seperti masalah di atas: MORAL!

    yah mari bijak menentukan masa depan bangsa

  6. ngungsi aja yuuk ke malaysia di sana dadah haram…disini pada ga sadar udah pendidikan ga maju mau di bodo2in, berantem melulu lagi satu sama lain, oalah Gusti…

  7. morfin, pethidin, valium, xanax dan obat obat depressan/psikotropika yang lain juga dilegalkan koq…tetapi melihat penegakan hukum di negeri ini yang amburadul jadi takut juga…

  8. hore, sekarang pasti akan muncul jurusan baru di fakulta pertanian, Teknologi Hasil Perkebunan Ganja, Agrobisnis khusus ganja dll. pasti seru nih.

    ngomong2 kayunya bisa jadi serat tali, emang kita kekurangan tali ye, sampe2 ganja aja dijadiin tali……

  9. aya-aya wae.. plis dong ah… !
    banyakan mana madorot & manfaat.
    banyak manfaatnya diantaranya: buat nambal kekurangan hutang pemerintah yang bertril2

    madorotnya juga gak kalah….
    aya aya wae, plis dong ah!🙂

  10. ilang lingknya.. maaf

  11. Gini aja, buka ladang ganjanya di LP aja. Nah, para narapidana itu yang ngelola. Hasilnya bisa dieksport. (Kacau deh..)

    Ada-ada saja ya? Ga dilarang juga udah banyak ganja, apalagi dilegalkan…..

  12. Katanya masakan padang pake ganja ya. Bener nggak sih ?

  13. sok lah urang mararabok sareng teler sanusantara, aya-aya wae nya wak. Lieur yeuh kana mastaka #-o

  14. Rokok aja banyak disalahgunakan…di tempat-tempat umum banyak yang merokok. Lha gimana kalau ganja…?

    *nggak bisa ngebayangin*

  15. ganja sepertinya… ?@#$@#%^&**(&^

  16. Wah, baru tau nih ada berita beginian.

    @Tomy Haryatno (Direktur Pengembangan dan Riset Inida-red)
    plis dong ih…. Cari kerjaan lain sana!😆

  17. yuk mari!
    *leng geleng geleng geleng leng geleng geleng*

  18. kalo ganja bisa ditimbang dengan satuan gram akan lebih jelas manfaat dan mudharatnya

  19. Bagusnya kalau membuka ladang ganja dibarengi dengan menanam ranjau darat disekitarnya, bisa buat perumpamaan Ladang ganja=ladang ranjau😆

  20. GANJA… banyak gunanya emang, Tapi kira2 di cianjur bisa tumbuh subur seperti Kebon Teh Tidak Ya..?
    Dari Pada Lahan Kosong bekas kebon teh cianjur tidak dimanfaatkan dan terbengkelai begitu kan sayang. Mo di tanam singkong dan umbi takut saingan ma cilembu…

    Ada polisi gak ya ..? (nulis koment sambil tengak-tengok)
    ………. kabuuuuuuuuuurrrrrrr…….. ciaaat.. cling..! Ilang..!

  21. Manfaat Ganja ?

    Perlu di uji dulu oleh para pembesar2 yang ingin melegalkan ganja…,
    Objek penelitiannya anak2nya, cucu2nya, ponakannya, om2 dan tante2nya kalo perlu penelitiannya pake Rancangan Acak Lengkap di ulang sebanyak2nya😦

    kalo teruji GANJA itu ga bikin neko2 **yang udah2 juga otak pemakai ganja jadi tu***l..😦 ** baru dilegalin

    @#%$^&*(%$()

  22. Sebenarnya manfaat ganja sudah tergantikan oleh bahan – bahan lain. Jadi kalau membahas manfaat ganja, sebenarnya agak…..rancu juga ya.

    Apa orang – orang BNN sudah pada ketagihan ganja…?:mrgreen:

  23. lho, mie aceh juga pake ganja khan???

    masalahnya orang indonesa blum bisa ngebedain yang bener dan salah.. kalo mereka udah bisa ngebedain bener dan salah dan udah bisa bertanggung jawab..
    monggo wae…

  24. GANJA…….!!!!!

    Mengapa hal ini dibesar besarkan…
    mengapa….mengapa pengguna GANJA diPENJARA…..mengapa orang miskin yang ketangkap polisi cuma mempunyai sebatang atau kedapatan puntung bisa dipenjara 2 sampai 5 atau bahkan 7 tahun……
    GILA…..GILA….memang GILA……
    mengapa GANJA menjadi tingkat pertama dalam UU anti psikotropica….mengapa orang yang ketangkap shabu,pil pesta hukumannya lebih ringan dari pada GANJA…
    ADA APA INI………??????? aneh dan kejam.

    Kalau dulu saya memaklumi itu karena mungkin ada unsur politik tapi sekarang……lihat ….lihat sekarang !!!!!!!!
    istilah gerakan militerisme GAM sudah mulai tidak ada…aceh itu harus tetap menjadi bagian dari NKRI,yahhhh itu harga MATI.

    Saya sangat mendukung BNN untuk memberantas narkoba yang dapat merugikan anak bangsa…..untuk GANJA mengapa dibesar besarkan,mengapa kita dihukum bertahun-tahun karena menghisap GANJA,cobalah kaji ulang kembali peraturan pemerintah,saya sangat setuju sekali untuk memberantas narkotika yang berbau kimia yang dapat membunuh secara perlahan…GANJA…lebih cocok untuk theraphy untuk yang tidak mengerti GANJA coba baca…baca…dan baca kegunaannya bisa untuk pengobatan bisa untuk bahan industri dll,saya sangat prihatin untuk para pengedar GANJA kecil-kecilan perhatikan saat ditangkap banyak orang yang tidak mampu dan orang kecil ditangkap mungkin karena tidak adanya lapangan pekerjaan dan banyak yang karena sangat terpaksa demi memenuhi kebutuhan keluarga perhatikan saat ditangkap saya kasihan sekali,saya yakin GANJA dan TEMBAKAU lebih berbahaya TEMBAKAU….

    Saat ini saya sangat prihatin mengenai undang-undang GANJA…. sangat tidak adil !!
    dampak yang ditimbulkan tidaklah separah yang di isu-isukan,saya sangat mendukung legalisasi GANJA….saya sangat mendukung BNN untuk memberantas penyalahgunaan yang berbau kimiawi,tapi mungkin pemerintah bisa lebih bijak dan arif untuk masalah ini saya kira pengguna bahan-bahan kimia itu perlu direhabilitasi bukan dipenjara,untuk menghukum mati saya tidak berani meng iyah kannya tapi saya setuju untuk para pengedar ini dihukum dengan berat dan setimpal karena merusak bangsa ini saya sendiri sangat benci terhadap hal-hal yang berbau kimia saya mengerti dan tahu akibatnya bila mengkonsumsinya selain mengakibatkan kematian juga dapat merusak tulang,gigi,pungsi otak dan yang paling berbahaya yaitu HIV/AIDS…..
    mereka tidak sayang terhadap diri sendiri saya berpikir itu orang-orang aneh dan saya merasa jengkel tapi terkadang kasihan juga…
    untuk sekarang saya berharap pemerintah bisa mengkaji ulang UU tentang GANJA…
    untuk yang tidak setuju GANJA diLEGALKAN,coba anda lihat para pengguna GANJA itu hanya untuk theraphy sama halnya dengan ROKOK..adilkah pengguna GANJA dihukum bertahun-tahun……itu hal yang sangat menyedihkan dan sangat tidak adil mereka bukanlah perampok bukanlah pemerkosa bukanlah KORUPTOR bukanlah penjahat atau pembunuh coba datanggi dan berbincang-bincang dengan para pengguna GANJA dipenjara mereka kebanyakan orang yang menyenangkan,mereka sangat ramah sayapun sangat kasihan dan iba mengapa mereka dipenjara,tidak ada satupun pengguna GANJA yang mati karena overdosis karena GANJA bahkan di salah-satu kejuaraan sepakbola dunia berani melegalkan GANJA untuk datang dan menyaksikan pertandingan tersebut justru ALKOHOL lah yang dilarang pada saat itu.
    sangatlah tidak adil bila para penggunanya dikurung,disiksa atau diperlakukan tidak senonoh….
    kalaupun pemerintah tidak dapat merealisasikan legalisasi GANJA cobalah untuk menurunkan tingkat golongannya
    sekarang GANJA menjadi golongan pertama dan itu sangat tidak adil dan aneh
    para pengguna GANJA tidaklah mengakibatkan kematian atau biang rusuh seperti alkohol.

    Itu hanyalah GANJA mengapa dibesar-besarkan,
    serat GANJA bisa untuk industri tas,baju,kerajinan tangan dll
    biji GANJA bagus untuk bahan cat yang mengkilap dan wangi serta bisa untuk makanan burung dll
    daun GANJA juga bisa untuk bahan makanan dibuat sayur untuk penyedap serta penambah napsu makan dll
    GANJA bisa untuk pengobatan theraphy HIV/AIDS,obat asma dll
    serta banyak kegunaan lainya.

    Bisakah pemerintah mengkaji ulang tentang GANJA….
    bila legalisasi GANJA diINDONESIA bisa direalisasikan saya yakin pengguna GANJA bisa lebih teratur dalam mengkonsumsinya terbayang barapa ratus ribu bahkan juta wisatawan yang datang keINDONESIA bisa meningkatkan devisa negara dan kalau dikaji lebih dalam tanaman GANJA bisa untuk membayar hutang negara..
    GANJA…hanyalah GANJA mengapa dibesar-besarkan….
    dengan adanya isu legalisasi GANJA saya berani untuk menulis…
    saya harap para petinggi BNN bisa mendengar dan mengkajinya
    jangan terlalu terhadap para pengguna GANJA….
    dimana letak kriminal nya..
    saya terharu kalo ini dilegalkan ato dijadikan narkotika golongan 4
    saya merasa kasihan terhadap anak-anak bangsa yang dihukum terlalu berat dengan kasus ini.

    Mengenai pro dan kontra pasti ada…
    atas nama saya dan teman-teman saya sebagai orang kecil dibawah mengalaminya secara nyata
    bagaimana rasanya orang yang tidak menggunakan GANJA dan hanya mengisap secara tidak langsung asapnya lantas di tes urine dan terbukti positip untuk mengelakpun tidak mungkin karena positip didalam tes urine dan lantas orang itu menjalani hukuman 1 tahun penjara….
    bagaimana ini………..???
    bagaimana kisah anak seorang supir angkot yang terbukti kedapatan cuma 1 linting ganja orangtua nya susah lantas mendekam 2 tahun penjara,simak pula kisah seorang pemuda yang kedapatan stengah linting lantas menjalani 7 tahun penjara ada juga kisah seorang seniman yang hampir tidak pernah berbuat kriminal dipenjara 1 tahun ada juga seorang pemuda tukang bubur lantas mendekam 2 tahun penjara…. banyak pula pengedar GANJA yang diperlakukan seperti layaknya tahanan perang ketika diintrogasi ada yang jarinya hancur ada yang tulangnya patah berita yang sangat mengagetkan ketika salah seorang PNS kedapatan mengkonsumsi dan meninggal dunia ketika diintrogasi ini terjadi di wilayah hukum jawabarat dan oknumnya pun sudah di proses secara hukum
    ada pula kisah yang dialami ketika datang kerumah teman baru datang ada penggerebekan lantas ikut ditangkap lantas disatukan sama kriminal lainnya didalam sel …yang ada hanyalah kebinggungan…
    penjara tidaklah nyaman bila mengalaminya……… hati,badan..semuanya serasa menangis mungkin itu setimpal bagi orang orang yang berbuat keji tapi untuk yang mengkonsumsi GANJA……
    dimana letak kesalahannya dimana letak bahayanya,apakah itu membahayakan seseorang ataupun orang lain….. jawabannya pasti tidak tapi mengapa hal itu terjadi
    bila dilegalkan mungkin itu jadi hal yang biasa dan lumrah penggunapun teratur dalam pemakaiannya atau bahkan berkurang dan menurun.

    Tidak seperti sekarang ini kalo kebanyakan mungkin bisa malas dan badan serasa panas mungkin cuma itu efek yang merugikannya tapi kalo teratur dalam pemakaian hal itu tidak akan terjadi dan terasa santai seperti halnya rokok.
    namun saya sangat benci terhadap segolongan orang pengguna penyalahgunaan obat-obat terlarang
    seperti halnya etep,shabu,extasy dan semacam zat lain yang membahayakan……
    bodoh dan tidak sayang terhadap diri sendiri…..
    maka dari itu hal demikian itu merupakan tugas utama kepolisian negara dan BNN serta masyarakat pada umumnya.

    terima kasih………..

    maap atas tulisan saya ini saya hanya pemerhati………

    oke lah kalo nga bisa legal tapi bung dan nona apakah ADIL bagi para penggunanya….sedikit arif dan bijaksana…bahaya juga ngakkk oyyyyyyy
    sama halnya denagn orang yang meminum satu botol kaleng bir trus dipenjara…..

    ADIL G ?????

  25. GANJA Ungguli Serat Baja?

    MARIJUANA, ganja, narkotik, hemp, hashish, merupakan segudang nama untuk satu tanaman yaitu Cannabis sativa. Tentu saja nama-nama di atas sudah tidak asing bagi orang-orang di dunia. Hampir di berbagai media massa maupun elektronik selalu ada saja kasus yang berkaitan dengan ganja, bahkan banyak film-film yang mengupas tentang ganja ataupun narkotik ini.
    Cannabis sativa merupakan jenis tanaman herba tahunan yang tingginya dapat mencapai 4 meter. Adapun batang dewasanya kaku dan berserat, susunan daunnya oposit, dan menjadi alternatus di akhir cabangnya, sedangkan tiap daunnya berbentuk palmatus (menjari). Bunganya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang karena kecil, hanya sekira 0,5 cm dan tersembunyi, serta berwarna hijau yang rancu dibedakan dengan warna daunnya. Berbagai varietas tanaman ganja ini ada yang hanya memiliki bunga betina, bunga jantan, dan ada juga yang memiliki kedua jenis kelamin bunga. Kantong sari bunga jantan melepaskan pollennya dengan bantuan angin ketika akan melakukan persarian dan fertilisasi.
    Tanaman ganja merupakan tanaman asli daerah tropis di Asia. Kini sudah ditanam hampir di berbagai negara di dunia dengan beragam kondisi iklim dan tanah. Perbedaan iklim dan varietas khusus memengaruhi akan apa yang dihasilkan Cannabis sativa ini. Serat dihasilkan dari varietas Cannabis sativa yang tangkainya panjang, cabangnya sedikit, dan hanya menghasilkan sedikit biji, selain itu juga tumbuh subur pada iklim dengan temperatur yang tidak ekstrem, dan bercurah hujan sekira 670 mm/tahun.
    Sedangkan minyak dihasilkan dari varietas yang pendek, matang lebih awal, dan menghasilkan banyak biji. Dan penghasil obat atau drug, tanamannya pendek, bercabang banyak, dengan daun-daunnya yang hijau tua.
    Ketiga jenis varietas ini dibedakan berdasarkan tinggi tanaman, banyak cabang, dan karakteristik lainnya. Bahkan laporan penelitian Central Asia, Hindustani, and Eurosiberian Centers of Diversity menyebutkan, tanaman ini tahan terhadap berbagai penyakit, kekeringan, jamur, pH yang tinggi maupun rendah, serangga, laterit, myobacteria, tanah yang kurang subur, berbagai kemiringan, dan juga hadirnya rumput-rumput liar.
    Secara umum, marijuana alias ganja tumbuh subur di area yang fertil (subur), tanahnya kaya akan nutrisi dan bersifat netral atau sedikit alkalis. Berdasarkan catatan statistika Cool Temperate Steppe to Wet through Tropical Very Dry to Wet Forest Life Zones dituliskan, marijuana toleran pada kondisi alam dengan curah hujan antara 300 – 4.000 mm/tahun dengan curah hujan optimum 99 mm/tahun, temperatur tahunannya antara 6 – 27 oC dengan suhu optimum 14,4 oC, dan pH antara 4,5 sampai 8,2 dengan pH optimum 6,5.
    Pertama kali tanaman hemp ditumbuhkan di Cina sekira 500 tahun yang lalu. Saat ini hampir semua ngara di dunia menanamnya. Dan Cina pula menjadi awal temuan kegunaan ganja dengan mengambil minyaknya sebagai bahan bakar lampu. Bahkan kini dipertimbangkan sebagai salah satu alternatif produk minyak bakar, karena sangat mudah dihasilkan dan tidak menimbulkan kebakaran.
    Selain menghasilkan minyak, Cannabis sativa menghasilkan serat berkualitas paling baik, bahkan lebih baik dari kapas. Demikian pula kertas tanaman hemp jauh lebih baik dari pohon-pohon lain. Di AS pernah digunakan sebagai bahan dasar tali, dan dibutuhkan untuk para tentaranya pada PD II.
    Berita terakhir penggunaan tanaman ganja dalam menyokong kehidupan Homo sapiens seperti diberitakan IPTEKNET pada tanggal 3 Mei 2004 adalah pemrosesan ganja oleh para pakar teknik kimia dan kimia terapan Universitas Toronto, Kanada yang dipimpin Profesor Mohini Sain, menjadi serat material biokomposit berkekuatan tinggi. Serat itu kelak dapat dibuat sebagai material struktural untuk beragam komponen, mulai dari komponen yang berat seperti komponen bodi mobil, kontruksi bangunan dan jembatan, sayap pesawat terbang, maupun peralatan ringan seperti helm (pelindung kepala), alat pacu jantung buatan, dan kantong penyimpan darah.
    Diberitakan pula, kekuatan serat biokomposit yang dihasilkan tanaman ganja sama kuat, bahkan melebihi kekuatan serat baja. Keunggulan lainnya adalah lebih ringan, lebih efisien energi, bersifat renewable (dapat diperbarui kembali). Maka, di masa depan penggunaannya dalam industri skala besar akan mampu mengurangi konsumsi petrokimia maupun gangguan lingkungan hidup berupa terjadinya efek rumah kaca. Terjadinya dampak buangan sisa yang merugikan sedikit berhubungan dengan bahan campuran plastiknya yang bersifat bioplastik yang biodegradable atau mudah terurai, sehingga bahan tersebut dinyatakan green atau ramah lingkungan.
    marijuana tetap saja merupakan tanaman yang kontroversial di samping kegunaannya yang menguntungkan masyarakat, yaitu sampai saat ini banyak yang menggunakannya sebagai alat senang-senang alias fly. Bahkan di Amerika diperkirakan 30 juta penduduknya mengisap marijuana, demikian pula di Indonesia dengan semakin banyak berita yang memuat kasus narkotika.
    Inggris melarang keras penggunaan Cannabis sativa yang di sana terkenal dengan sebutan herbal medicine at it most controversial, walaupun jelas-jelas digunakan untuk menghilangkan rasa sakit para penderita penyakit kronik dan sklerosis. Dan tentu saja mengundang kemarahan para dokter dalam perkumpulan House of Lords Select Committee on Science and Technology yang telah menetapkan cannabis sebagai obat spesifik yang diberikan di bawah pengawasan dan treatment.
    Menurut para dokter di perkumpulan itu, pemerintah Inggris hanya melihat sisi buruk cannabis sebagai obat fly pemuda-pemudi Inggris, dan disayangkan pemerintah tidak mengetahui sifat theurapetical (pengobatan) dalam dunia kedokteran. Keadaan ini jauh berbeda dengan negara Swiss dan Belanda yang secara terang-terangan mengizinkan penggunaan tanaman cannabis, entah untuk keperluan medis atau untuk fly.
    Virus ”Herpes”
    Pada akhir pertengahan abad ke-19, ekstrak marijuana merupakan obat kedua yang direkomendasikan untuk dunia kedokteran. Adapun bagian-bagian dari tanaman cannabis memiliki sifat yang berbeda. Seperti bahan aktif kimia dengan konsentrasi tinggi dikandung bunga betina, sedangkan bagian daunnya hanya mengandung sedikit bahan aktif kimia dan tidak terdapat bahan aktif kimia pada bagian biji. Dan karenanya semua yang berkepentingan pada ganja lebih memperhatikan keadaan bunganya daripada bagian lainnya.
    Sampai saat ini sudah ditemukan berbagai macam penyajian bunga cannabis tersebut, diisap, langsung dimakan, ataupun dicampur dalam teh, atau bahkan dikeringkan yang dikenal dengan nama hashish.
    Komponen bahan aktif kimia yang terkandung dalam cannabis adalah cannabinol, cannabidinol, dan tetrahydrocannabinol (THC) yang terdiri atas delta-9-THC dan delta-8-THC. Delta-9-THC diketahui dapat menghambat replikasi dari virus Herpes simplex.
    Secara medis sifat-sifat cannabis adalah tonic (penguat), intoxicant (keras), stomachic, antispasmodic, analgesik (penghilang rasa sakit), sedative (penenang), dan anodyne (penenang). Biji dan daun cannabis digunakan dalam perawatan kanker dan tumor. Jamu-jamuan dari akar cannabis dapat menyembuhkan penyakit tumor dan kejang perut, selain itu juga dapat digunakan untuk penyakit antraks, asma, keracunan darah, bronkitis, luka terbakar, batuk, diare, disentri, epilepsi, demam, migren, rematik, dan masih banyak lagi penyakit yang menggunakan jasa cannabis untuk sembuh.
    Sifat toksik (racun) terbesar pada tanaman cannabis terletak pada tangkai bunganya. Namun perlu diingat, bagian tanaman lainnya juga mengandung sifat toksik dan dapat mengakibatkan inkoordinasi otot, pusing-pusing, susah konsentrasi, kebingungan, susah berjalan, mulut kering, dysphagia, dysarthria, penglihatan kabur, dan muntah-muntah. Bahkan mengonsumsi ganja dalam dosis tinggi menginduksi koma dan kematian akibat gagal jantung.
    Di Indonesia, tanaman ganja banyak tumbuh di Aceh yang notabene merupakan rahasia dapur masak bagi ibu rumah tangganya, sehingga dihasilkan makanan yang sedapnya bukan main.
    Bagaimanapun juga, dengan tetap berpegang pada prinsip penggunaan ganja atau apa pun yang terlalu atau berlebihan dapat merugikan dan hasilnya tidak seperti yang diharapkan, seperti yang menjadi semboyan semua orang di AS dari berbagai lapisan mengenai ganja, yaitu ”Toxic only if large quantities eaten (beracun jika dimakan berlebihan)!”***
    Sri Nurilla Fazari,
    Mahasiswa Biologi ITB.

    ……….iseng iseng tapi nyata…….

    mmmm saya setuju tentang penyuluhan narkotika..
    tapi saya sangat tidak setuju GANJA dikatagorikan barang yang sangat berbahaya….
    kegunaanya justru banyak sekali ….
    serta tidak terlalu berbahaya seperti yang lainya dan tidak seperti ALKOHOL yang sangat merugikan tingkah laku para peminumnya yang berlebihan.
    saya prihatin dan sangat tidak setuju pengguna ganja dikejar2,ditangkap,digebugin,diperas bahkan dipenjara bertahun-tahun…..
    ADIL KAH!!!!!!

    saya sangat setuju untuk memberantas hal-hal penyalahgunaan narkotika yang berbau kimiawi…
    jauhi etep,shabu,extasy,heroin,morphin dan yang sejenisnya…
    beri tahu atau bila perlu hajar aja bila ada teman kamu yang menyalahgunakannya….
    kalo benar2 sayang ma temanmu…
    pengalaman saya banyak teman bahkan ada teman dekat yang meninggal karena hal hal yang bersipat kimiawi….
    dan ahirnya saya sangat membenci penyalahgunaan narkotika…..
    banyak diantaranya sebenarnya ingin mengkonsumsi GANJA tapi takut karena sanksi yang sangat nga masuk akal maka mereka pindah menjadi pengkonsumsi yang berbau kimiawi karena mereka pikir hukumannya nga seberat GANJA…..
    hasilnya ada yang mati ada yang telat mikir……

    ADIL KAH……

    LEGALIZE IT
    DRUGS IS NOT FUN
    STOP THE MADNESS……

    jangan memvonis kejam dan memakimaki kalo tidak tahu apalagi belum pernah mengkonsumsi semua jenis narkotika

    pikir2 dulu dengan arif serta bijak..
    telaah dan pelajari dulu seperti kata pak TOMMY
    mana jalan terbaik untuk semua……..
    dan mana yang paling aman untuk semua juga…..

    add me dharma_kencana@yahoo.com
    friendster

    bwt yang g setuju
    sharing we lah tonk saling salingan…….. oke
    da aink oge manusia……..
    oke brotherssssssss

  26. harus tanya tuh ama para ulama,kalo perlu diadain musyawarah para ulama sedunia ,kalau itu memang haram ya jangan dilanjutin.lawong yang halal aja masih banyak kok cari yang haram

  27. RESEP NARKOBA -baca lengkap
    sesuatu yang enak ada juga tak enaknya. didunia ini banyak larangan, Sumanto sendiri menyampaikan daging bangkai manusia dibakar ltu enak, hanya BELUM dilegalkan ( yang gila ini semua orang kecuali Sumanto ) siapa bilang ganja tidak enak, seminggu yg lalu ada jaksa minum ganja ditangkap polisi, 3 tahun yg lalu di kalsel ada guru ngajak santrinya minum narkoba alasannya bagaimana tahu itu haram kalau belum merasakan (sumanto versi lain ) rokok dilarang karena orang indian punah karena merokok. bapaknya marno ngrokok terus umurnya panjang, pengidap hiv nggak ada yang miskin. dolly,jalan terus, itu yg jelas jelas dilarang. yg penting itu ada ijin , bisa nyogok petugas. semua dikembalikan kepada diri sendiri. sesuai keyakinan masing masing . sing waras eling, saiki jaman edan sopo sing ora melu edan ora keduman ,nanging isih begjo wong kang eling lan waspodo.- ambil capsul isi taik ayam yg berlendir, suruh makan mereka yg kecanduan , aduuuuuh maknyuuuuussss, kalau nggak percaya coba dulu, dijamin enak tapi tidak dijamin haram, aku udah nyoba tapi keorang lain duillleee, minta lagiiiii kalau kagak bener kirim ke email gue. bagi yg sudah ngarasin enaknye nggak usyah ngirim email, yg kagak ngirim email berarti puasssss

  28. elu ada aja probo, ilmu dr mane.

  29. elu kagak ngirim email kegue, lu puas yeeee
    tau ngggak lu, jabodetabek pemerintah ngelarang unggas , semua unggas nenek lu mati semua, dimane dapet taik ayam belendir.elu sekarang lagi mudik je, pantesan udeh nyoba

  30. tau aja lu, gue udah nyoba ama Dharmo Kancane, ok tq

  31. Saya belum puas menikmati ganja. maka sayapun sangat mendukung legalisasi ganja

    @kosongempatsembilan
    sedot teruuus

  32. “Saya belum puas menikmati ganja. maka sayapun sangat mendukung legalisasi ganja”

    manfaat ganja tuh…antara lain :
    – memperkuat sex untuk laki dan perempuan.
    – bikin awet muda , karena selalu gembira.
    – dan masih banyak lagi mafaat yang bisa dipetik.

    Mari legal kan ganja

  33. setuju banget dilegalkan…..tapi para penggunanya mesti di registrasi…jdi bsa pnya komunitas tersendiri…komunitas the play……………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    emang sich para penggunanya ga bikin rese,malah bsa jdi teman yang baik……….riset aja dlu………ok.

  34. sedoooooooooooooooootttttttttttttttttttttttttt……….!!!!!!!!!!!!!!!!!!! assssssssiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkkkkkkkkkkkkkk…………………cooooooooooooooooooyyyyyyyyyyyyyyyyyy

  35. haii……..para pengguna ganja diseluruh indonesia mari kta sharing di sini

  36. sesungguhnya allah swt hanya tidak suka orang orang yang berlebihan…

    klo kta bsa membatasi penggunaannya utk hal2x bermanfaat kayaknya boleh2 aja…
    adapun yang berlebihan adalah sekutu setan…

    klo sampe nyungsep di selokan, itu namanya konyol…
    klo sampe senyum2 positif thinking itu baru okay…

    😉 salam hangat buat pengguna ganja…

  37. Sekedar perbandingan, 80% perdagangan obatbius illegal di dunia masuk ke amerika serikat sebagai negara adikuasa yang sebetulnya mengendalikan perdagangan ilegal itu.

    nah bayangkan jika saja Indonesia berani menyatakan bahwa ‘EMAS-HIJAU’ itu legal dan sedikitnya 20% dari total itu bisa masuk devisa non-migas kita…

    kita hitung-hitungan ekonomis ajalah jangan bicara moral dan etika ketika setiap hari kita bisa liat koruptor mondar-mandir dengan bebasnya di televisi kita setiap hari…

    satu linting ganja = 5000 rupiah untuk maksimal 2 tahun penjara.

    Bob Hasan telah divonis enam tahun penjara. Bob dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi proyek pemetaan hutan senilai Rp 2,4 triliun.

    Prajogo Pangestu diseret sebagai tersangka kasus korupsi dana reboisasi proyek hutan tanaman industri (HTI) PT Musi Hutan Persada, yang diduga merugikan negara Rp 331 miliar.

    hell yeah… rp 5000 untuk 2 tahun dan rp 2,4 tril untuk 6 tahun

    teman2 semua yang bisa membandingkan mana yang lebih merugikan?

    kita ga pernah tau atau setidaknya merasakan apa dampak kerugian2 tersebut, tapi mungkin seorang anak sekolah di pulau lamalera hanya bisa menatap bangunan sekolahnya yang usang dengan hanya dua buku pegangan yang sudah usang di tangannya…

    mungkin terlalu jauh tapi mari melihat sesuatu itu lebih dalam dan lebih luas dari biasanya.

    salam,

    –K–

  38. bener…..TiL….satuju kadinya na mah….urang ge percaya lah..mun digarapna sing bener mah..pasti bisa maksimal jang manfaat umat manusa….loba pisan geuning manfaatna …. sing saha nu loba teuing ngisep ganja ge paling cilaka na sare jeung lapar..hahahahha…
    salila pamarentahna masih keneh korup….pasti moal bisa diajak mikir nu bener make logika nu lurus…. terlalu loba nu dipolitisir ti para pamake ganja…. ganja lain kriminal jang…ganja suplai inspirasi…sumber transedental…sarua jeung para sufi nu make tarian muter jang nyampe ekstase…semakin ektase semakin urang bisa fokus nga gapai sesuatu nu transenden…lain kitu TIL…

    saha cik urang…hahahahhah

  39. Tempe goreeng… kacang goreeng… tahu goreeng..
    rokoo..roko… ganja..ganja…ganjaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!

  40. ganja legalll…….lebih baik dilegalin jadi ga akan ada yang namanya bandar..bener ga?//?hehehheheh

    kl semua orang pakai ganja pasti dunia ini ga akan ada perang.. damai teruuuuuuuuuuussssssssssssssssss

    ga ada orang yang od gara2 ganja.
    yang nyolong gara2 ganja….
    yang berantem gara2 ganja…..

    pokonya ganja is the best

  41. ya ya ya salah satu manfaat ganja adalah buat mbakar lu sampai hangus, OYE

  42. gue setuju dgn ganja dilegalkan karena ini bukan kimiawi lain lagi dgn barang yg kimiawi misal etep,obat dll dimana jika kecanduan dan tidak memiliki uang bisa-bisa nodong dan merampok dll tapi pecandu ganja ga ada uang disarankan menanam masing2 dirumah,ganja itu ada yg bilang jadi malas tapi menurut gue narkotika itu gimana penggunaannya swlama diopake kebaikan pasti baik.tapi yg jelas pengalaman pake narkotika kimia sperti obat bawaannya rusuh resah depresi itu pangalaman gue wkt nakal tapi dgn ganja kita tenang kadang bisa berpikir jernih.gue nulis ini krena dulu gue pemakai dan sekarang udah berhenti

  43. Bagus juga… pendapat loe..!!aq suka itu…!!!

  44. Bisa jadi kaya kalo usaha itu…!!! ber ppotensi juga…!!!

  45. tuhan yg menciptakan.sedikit minikmati ciptaan-y.

  46. http://legalisasiganja.blogspot.com/

  47. gw tanya ma lo smua??????
    pernah denger orang make ganja,trus ngbunuh orang or bikin onar dan berbuat kriminal???????????????
    lo cari ampe botak jg ga bkl ada!!!!!!!!!!!
    klo make miras n norkoba selain ganja pasti banyak kasusnya yg berhubungan dengan kriminal….
    sebenernya tumbuhan ganja banyak bgt kegunannya,BOB MARLEY pernah bilang Marijuana GOOD FOR ATSMA,bae banget buat kesehatan dan yg laennya….
    cape gw ngetiknya mpe nyari kata” susah banget……….
    INTINYA LEGALIZE MARIJUANA……………….
    JAH RASTAFARA

  48. untuk menyuarakan tentang pembenaran dari ganja, mulailah dari sekarang kita bergerak untuk mencari sumber-sumber atau fakta-fakta yang memberikan nilai positif terhadap tumbuhan ini. tumbuhan ini (GANJA) telah menjadi korban propaganda umat manusia yang menginginkan tumbuhan ini hilang dari muka bumi.

    untuk kelanjutannya add fs kami di legalise_cannabis@ymail.com
    kita tidak hanya menyuarakannya di dunia maya ini, tapi kita mencoba membuka mata masyarakat luas tentang sesuatu yang sangat berharga yang dimiliki oleh bangsa ini, dan banyak manusia serakah yang akan terus berusaha untuk mengsengsarakan bangsa ini. mereka hanya ingin memperoleh kekayaan mereka sendiri tanpa mau berbagi dengan rakyat indonesia yang lain, yang mayoritas adalah pendududk miskin.

    coba klo ganja di legalkan, para petani mungkin akan bisa punya mobil mercy. tidak seperti sekarang, para petani cuma dijadikan budak yang oleh para juragan perkebunan.

    bener ga si……???

  49. sebenarnya, kalau Indonesia mau melgalkan anja, sangat sederhana sekali..Cukup dengan Keputusan Menkes: bahwa ganja idak dimasukan dalam Golongan narkotika I….
    sederhana..tapi masalahnya dari pihak MAFIA yang menggunakan Orang2 pemerintah agar mengetakan itu adalah bukan sesuatu yg sederhana…

    ganja legal:
    Untuk mencegah terjadi BISNIS PEMERASAN dari kepolisian
    Untuk Mencegah monopoli Ditribusi ganja hanya oleh MAFIA

    Jadi…kita mau berpihak ke siapa???

  50. Ganja oh ganja menyesal aku berkenalan dengan engkau….

  51. sufi dan ganja
    Asmat, baru saja bertobat. Ia mulai menyadari masa lalunya dengan narkoba menyesatkan dirinya. Ketika mulai masuk dunia Sufi, Asmat justru kembali ke narkoba lagi.

    “Kamu kok begitu sih Mat? ”tegur kawannya, Darwis.
    “Saya lakukan eksperimen, siapa tahu saya berdzikir sambil mengganja, tambah uueeenak, melayang dzikirku…”
    “Kamu memang sudah edan makan semir Mat…”
    “Coba Wis, kamu coba. Nganja sambil dzikir pasti enak tenan…”
    Darwis nggak habis pikir pandangan Asmat yang kontroversial ini.
    “Kamu sudah ghurur Mat. Kamu terkena tipudaya…?”
    “Bagaimana kamu bilang begitu. Kan banyak orang berdzikir yang dicari nikmatnya dzikir, bahkan kalau perlu bisa nangis-nangis segala…”
    “Lhahadala…Itu to yang membuatmu begitu…”
    “Jelaskan?”

    “Dzikir itu tujuannya agar bertemu Allah, Musyahadah kepada Allah, hadir di depan Allah. Bukan mencari nikmatnya dzikir atau…. Bisa-bisa kamu melayang nggak karuan campur syetan nanti…”
    “Campur syetan bagaimana Wis?”
    “Kamu nge-ganja, pasti kamu mengkhayal. Sedangkan hatimu tidak ingin sama sekali bersenang-senang dengan kenikmatan khalamu, hatimu hanya sedang mengingat Allah, bagaimana bisa nyampe pada Allah, kalau yang kau unggulkan, kau senangi selera nafsumu?”
    Asmat bengong lagi….

    “Sudah begini saja, teruskan nge-ganjamu. Apa kamu nanti bisa bertemu Allah atau bertemu syetan…Coba! Nanti kalau kamu dicabut nyawamu saat kamu nge-ganja sambil dzikir, kamu husnul khotimah apa su’ul khotimah, saya nggak mau ikut-ikut akh…”
    Asmat lalu menyedot sekuat-kuatnya ganja yang di tangannya. Semakin lama ia mengkhayal semakin bergentar jantungnya, semakin gelisah dan gundah jiwanya. Diam-diam ia bisa membedakan mana hasrat nafsu dibalik ibadah, hasrat nafsu dengan kemanjaan dan khayalan, dan hasrat hati yang sesungguhnya.
    “Wiisss…! Darwiiiiiiiisss! Kamu dimana Wis!…”
    Asmat berteriak sekencang-kencangnya.
    “Aku sejak tadi disini Mat. Di dekatmu….”
    Asmat terkejut dan mulai menangis sesenggukan.

  52. one man,one tree…
    jika 1 orang nanem 1 bibit ganja…
    bayangkan betapa kayana negri kita………..
    jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa
    berarti akan ada lebih dari 200juta pohon ganja yang tumbuh.
    bandar minyak pun bakal kalah….

  53. aku hidup dengan hiv. dan nafsu makanku bertambah setelah setiap hari mengkonsumsi ganja. dan berat badanku terus bertambah. walau tak pernah lupa ARV tetap kuminum.legalkan ganja untuk pederita hiv.

  54. knpa papolisi btu kjam dngan nya . .
    merka tdak prnah mmbuat resah rakyat indonesia . .
    jstru krna ada dia smua manusia bisa mnjadi sehatt .

  55. .Legalisasi Ganja……………hmm ………….

    bener juga orang orang tua dulu

    “Amenangi zaman edan sing ora edan ora keduman…….saedan edane zaman sing selamat sing eling lan waspada.”

    tanda tanda zaman edan….

    kaum brahmana (alim ulama dll ) meninggalkan ummatnya ..sibuk jadi artis
    kaum ksatria.(penguasa dll) khianat…….
    pezina dipuaj puja………….(lihat aja kasus sekarang)
    eong teler dibilang waras….(ya kaya gini nih)
    wong waras…………..ngalah

    duh…………

  56. gwa ska bngt klo ganja di legalin…gwa adain sukuran bsar2an dah…

  57. klw masalh lbh banyak manfaat/mudharat’a itu kmbali k’kpercayaan msing” individu . lgypula klw mnurut w,tuhan mnciptakan ssuatu psti ada tujuan’a . ambil tengah’a aja c,klw loe suka ya itu pribadi loe,loe gga suka pun gga maksa .

  58. dimana letak ganja nya mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: