Sepenggal Cerita dari workshop

Liburan ini beruntung saya dipanggil workshop oleh direktorat sekolah menengah pertama dalam rangka bimbingan teknis KTSP.

Senang rasanya bisa berbagi cerita dengan banyak rekan dari Kalimantan Timur, Banten dan lain-lain. Sungguh bukan materi workshopnya yang begitu penting bagi saya, tapi cerita dari teman-teman dari kabupaten Bulungan, Nunukan, Berau, Samarinda de el el, telah banyak membuka mata saya tentang potret dunia pendidikan di Indonesia ini.

Seminggu rasanya waktu yang tak cukup untuk kita berbagi. Banyak hikmah yang saya dapat dari teman-teman, yang mudah-mudahan amal ibadah teman-teman di pedalaman dibalas oleh YANG MAHA TAHU.

Sayang saya tak punya photo ketika kita berbagi cerita. Rasa salut saya kepada teman-teman yang dengan tingkat kesabaran paling ekstrim berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Teriring do’a semoga para petinggi kita di satu-satunya Departemen yang menyandang predikat Nasional terbuka matanya, menyelami makna pendidikan bukan dari sajian angka statistik.

~ oleh kangguru pada Juli 3, 2007.

20 Tanggapan to “Sepenggal Cerita dari workshop”

  1. btw, KTSP itu apa ya? Semoga pendidikan di Indonesia bisa menjadi lebih baik.

    @agam
    KTSP = Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
    jadi guru sekarang mesti ngebangun apa yang mau diajarkannya sendiri

  2. Saya jadi ingat juga kisah teman2 guru di pedalaman Kalimantan waktu saya masih di Kalimantan. Saya salut dengan mereka – juga dengan Kang Guru – .. pengabdian tanpa batas.

    @erander
    yup pak emang harus begitu pengambdian ngak ada batasnya deh

  3. semoga pendidikan di negeri ini bisa sama baik di kota maupun pedalaman..amin

    @andi bagus
    amin

  4. sempat berdiskusi soal perbedaan gaji guru antar daerah ga pak?

    @isnuansa
    sempet sich gaji mereka secara nominal lebih besar dibanding saya tapi harga juga udah melambung tinggi jadi ya tetep aja mereka mendapat kesulitan dibanding PNS yang lain

  5. semoga dunia pendidikan semakin berkualitas

    @Roffi
    amiien kualitas emang merupakan barang langka di negri ini

  6. hm…saya hampir berangkat ke bulungan untuk ikut PTT nasional kemarin…begitu dapat cerita teman kalo tempatnya di pedalaman sekali, jadi keder juga…terutama nggak adanya akses internet…:)

    @dok IMCW
    iya kata mereka juga transportasi dari balik papan mesti menggunakan pesawat pak

  7. Selamat dan sukses lah yang masih bisa ikut workshop. Karena dengan acara2 seperti itu banyak sekali yang bisa kita dapatkan. Dapat temen baru, dapat ilmu baru, dan nambah yang lain2.

    Yang jelas, kita memag perlu hal-2 yang sifatnya nambah begitu. Jangan kita hanya jago kandang. Ataw jangan sampai seperti katak di dalam tempurung.

    Sukses pak…

    @prayogo
    amiien pak emang cakrawala kita harus terus ditambah

  8. menyelami makna pendidikan bukan dari sajian angka statistik.

    Setuju sekali Kang…

    @deking
    statistiknya banyak boong di negri ini

  9. Gaji mereka lebih gede kan dari pada akang yang di jawa barat…

    @rbaryans
    emang lebih gede tapi yaitu harga bahan pokok juga tetep aja lebih mahal

  10. Di tempat saya juga men-diklat guru-guru se-Indonesia. Banyak guru dari daerah2 yang ternyata dengan keterbatasannya tapi memiliki komitmen kuat dengan pendidikan

    Maju terus pendidikan

    (oya, saya add link anda di blog saya..)

    @mtamim
    dimana nih tugasnya P4TK bukan?

  11. Citacita waktu saya kecil mau mengajar di pedalaman. Waktu itu impian ini begitu tulus dan non komersil. Saya yakin begitulah mereka semua, para relawan sejati guru di pedalaman.
    Semoga selalu di tinggikan derajat oleh- Nya.

    @GiaVia
    amiiien, eh sekarang dah komersil belum? heheh

  12. Apa posting ini bersambung wa ? Dengan cerita mereka mungkin ?

    @anas
    insya Allah nanti ditulis sambungannya

  13. ayo… libur… mau holiday kemana ?? mas

    @ario
    ya ke workshop hehehe

  14. Mudah-mudahan workshopnya membekas dan bisa meningkatkan kwalitas pendidikan kita… amin.

    @Mathematicse
    Heheheh iya membekas banyak tambah teman, dan membuat saya pantas bersyukur hehehe

  15. mudah2an akan ada perubahan

    @Nayz
    mudah mudahan perubahannya ke arah yang lebih baik

  16. bimbingan teknis KTSP >> singkatan apa ya.. maklum kuper ih..

    @Riva
    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

  17. Selain guru perjuangan muridnya juga hebat2 lho kang? banyak dari mereka yg jalan puluhan kilo tiap hari cuma buat sekolah.
    dulu kalau bawa mobil dari bontang ke samarinda saya sering kasih tumpangan mereka, mobil sampai penuh anak2 sekolah , kasian…

    @junthit
    dengan datngnya murid itu kesekolah sudah dapat 7 tuh kang

  18. Permisi..
    Dalam rangka KTSP, saya sekarang butuh contoh silabus & RPP untuk SMP/Mts dan SMU/MA.
    Saya ditugasi bapak kepala sekolah untuk mencarinya..
    Beberapa sudah saya dapatkan, tapi belum lengkap.
    Dimana saya bisa mendownloadnya ya ?
    Kang Guru bisa bantu saya ?
    Tanks!
    Sukses selalu..

    @jeff
    Ada banyak conoth ktsp coba di http://ktsp.diknas.go.id/ atau http://urip.wordpress.com/

  19. bener pak, saya di P4TK Matematika Yogyakarta

  20. KTSP Itu apaan ya??? Pernah ke Samarinda belom?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: