Kelasku

Pagi ini Bogor cerah sekali, sepi senyap menyergap kelas yang khusyu berdo’a menjalang hari baru dengan pelajaran baru. Kelas nampak tertib seperti biasa. Kubuka pelajaran dengan basmallah, cerita tentang asam basa kuawali dengan sedikit pengantar. Mata ceria anak berbinar ketika kubagi mereka dalam kelompok kecil, mereka tahu ini saat asyik dengan percobaan sederhana tentang asam basa.

Jahe dan kunyit diparut, daun ditumbuk, lalu dilarutkan dalam alkohol, dalam masing-masing tabung reaksi. Masing-masing kelompok dapat enam tabung reaksi, dua untuk larutan jahe, dua untuk larutan kunyit, dan dua untuk larutan daun.

NaOH diencerkan dalam aquades, di teteskan kedalam tabung reaksi berisi larutan jahe, kunyit dan daun. Pada larutan jahe terjadi perubahan warna dari kuning muda ke orange, pada larutan kunyit juga demikian dari kuning tua berubah menjadi merah maroon, hanya pada larutan daun yang warnanya hijau tak terjadi perubahan warna.

Air Accu ( zuur) juga di teteskan kedalam masing masing tabung reaksi, larutan jahe berubah warna, juga larutan kunyit larutan daun yang berwarna hijau terjadi sedikit perubahan warna.

Mata anak-anak berbinar seperti manatap permainan sulap, mungkin dalam hatinya kok bisa ya berubah warna. Kusarankan mereka berdiskusi dalam kelompok kecilnya.

Nak kau telah berhasil membuat apa yang oleh para ilmuwan disebut sebagai indikator, dan maafkan bapak karena ngak bisa menyediakan indikator universal atau pH meter yang lebih baik jika digunakan untuk menguji pH asam basa.

Semoga percobaan kecil ini berguna sebagai dasar untuk berfikir sederhana

~ oleh kangguru pada Oktober 30, 2007.

21 Tanggapan to “Kelasku”

  1. welah… lama ndak keliatan sekarang punya rumah baru ya…
    selamat-selamat!
    selamat juga untuk aktivitas awal berbagi sedikit ilmu kepada murid di kelas
    back to activity ya pak……
    selamat bekerja…

  2. wah, Pak Guru emang hebat, bisa sulap juga yah😆 *halah*

  3. Wah, Pak, salut. Keterbatasan alat atau apapun memang tidak seharusnya menghalangi kreatifitas seorang guru. Btw, ngajar siswa kelas berapa, Pak?

  4. anak2 memang lebih senang praktek dari pada teori…

  5. Kelak salah satu dari murid Kang Guru akan memenangkan hadiah nobel bidang fisika.

  6. itu kimia apa biologi? oon moden on
    btw tampilan barunya keren banget

  7. wah keliatannya nyenengin nih diajar wa’ Wahyu
    dulu saja kimia praktek cuman sekali satu semester (stm sih)

    btw, seger banget sekarang wa’ ganti themes yang gelap asyik nih😉😀

  8. eh wa’ akses ke halaman lain jadi nggak ada nih
    dikasih donk🙂

  9. Oh ya pak, ada trik kecil-kecilan lagi nih. Dapet dari teman-teman Baduy Dalam.
    Yaitu, kalau tumbuhan mengandung racun, digosokkan ke kulit bawah lengan bagian dalam (diatas nadi), maka kulit berubah jadi merah keras.
    Kalau dedaunan dan hasil yang dapat dimakan (belum tentu rasanya enak), kulit berubah hijau. Sementara yang dapat dijadikan obat-obatan tertentu, warna kulit berubah kuning.

    Belum ilmiah sih. Tapi saya sering mencoba.

    Oh ya, setuju ama AyahShiva, tampilan barunya keren euy.


  10. @bu May
    iya nih bu kembali keaktivitas rutin hehehhe

    @aLe
    hihih itu bukan sulap tapi booingin murid

    @ Bu enggar
    kelas 7 smp bu

    @ bu riva
    iya bu bener mereka lebih senang …. main🙂

    @ ayahshiva
    iya pak yang keren yang bikin theme ini

    @ dok IMCW
    semoga dok semoga

    @ anas
    belajar ya gitu deh ngak ada yang nyenengin nas, jadi dibuat seneng aja
    akses ke halaman lain linknya disimpan di atas nas

    @bang aip yang mau punya momongan
    wah makasih triksnya, coba buat sendiri dulu ach, kalo murid yang disuruh nyoba takut berabe euy

  11. sami sareng simkuring nuju sakola… sumanget keneh dipasihan praktek dibanding teori mah…

    naha ieu teh janten pararoek nya???😀

    @teteh X
    poek margi sababaraha kali ka blog teteh tos teu aya dikieuna hehehhe😀

  12. hahaha…
    “guruku bisa aja” kata murid-murid
    “ini pak guru cocok juga jadi tukang sulap”
    gumam dalam hati salah seorang murid

    Saya “curiga” masa gak ada phmeternya di lab pak , jangan² PHmeternya dipakai buat ngukur intensitas perubahan warna blog ini dari keputih²an jadi kehitam²an. Buktinya, perubahan warna blog kangguru ini lebih didominasi basa daripada asam.

    sepertinya, blog berwarna “basa” ini bakalah “basah” oleh postingan dan komentarnya… selamat beraktfitas gu(ruku)…. pahlawan Indonesia🙂

    @Pak Kurt
    heheheh iya juga ya spektrum earnanya bisa diukur

  13. Wah yang beginian yang sangat berarti dalam pendidikan … apalagi bagi pengalaman murid. Saya bangga deh ama guru-guru yang tidak mengabikan hal nyata. Selamat

    @Pak Ersis
    keterbatasan hanya bisa dijawab dengan kreatifitas pak

  14. Kang, bisa bantu seleksi blogger guru yg bagus atau dg kriteria lain untuk dikasih hadiah? … Saya akan usahakan sponsor … ini bisa untuk kegiatan hari guru

    @Pak Dedi
    aduh gimana ya … saya sendiri ngak tahu blog yang bagus itu yang bagaimana?

  15. salam Kang,…
    jadi inget pertama kali mengenal pelajaran kimia
    rame dan seru …
    banyak main air yang berwarna-warni …
    hehehe

    @Kang roisz
    salam kembali
    warna memang membuat pesona kang

  16. […] Terkait dengan komentar pak Dedi tentang upaya penghargaan buat kalangan guru yang suka ngeblog, saya pribadi bingung soal […]

  17. asik nih pa…

    @segalanyah
    apanya yang asik???

  18. Untuk menguji asam basa kita juga bisa menggunakan kol ungu atau terong ungu. Caranya, rebus kol atau terong tersebut, lalu saring airnya yang berwarna ungu. Teteskan bahan yang akan diuji (mis: air jeruk, air sabun, susu dll) pada air rebusan ini. Air rebusan akan berubah menjadi merah saat ditetesi dengan cairan asam dan menjadi hijau tua sampai biru saat ditetesi cairan basa. (Maaf…bagi yang sudah tahu)

  19. Maaf…siapapun yang mempunyai penjelasan mengenai indikator
    asam basa alami untuk jahe dan bunga bougenville, tolong
    dikirim ke e-mail saya… cathrosphea_92@yahoo.com soalnya saya butuh untuk menunaikan tugas makalah… [halah!]

  20. Benar-benar tolong yah!
    2 minggu lagi harus dikumpulkan, dan penjelasannya ngga boleh hanya
    perubahan warnanya saja, harus pakai penjelasan kenapa bisa berubah dan tidak berubah warna…Mohon bantuannya!

  21. Untuk yang berminat gabung tukar ide dan pikiran tentang bahasa inggris, pengajaran bahasa inggris disekolah, serta teknologi dan metode terbaru dalam belajar dan mengajar bahasa Inggris, silahkan kunjung blog saya http://www.myenglish01.wordpress.com

    Isi website ditulis dalam bahasa inggris, jadi sebagai seorang guru bahasa inggris, anda juga diharapkan untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam memahami teks berbahasa inggris. Saran, komentar, serta informasi terbaru dapat diakses dan anda juga dapat memberikan kontribusi dalam pengajaran bahasa inggris

    Herri Mulyono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: