Soal Ulangan PLN

Kemarin saya ngasih ulangan buat anak kelas 3 SMP, soalnya kira-kira begini :

Sebuah keluarga menggunakan peralatan listrik sebagai berikut :

  1. TV yang menkonsumsi daya liatrik 60 watt dan dinyalakan selama 8 jam sehari.
  2. Kulkas lemari es 50 watt terus nyala selama 24 jam sehari.
  3. Tiga buah lampu @20 watt nyala selama 8 jam sehari.

Jika satu bulan dianggap 30 hari, dan PLN mematok harga  Rp. 200/kWh berapakah rekening yang harus dibayar oleh keluarga tersebut???

nah sekarang itung-itungannya :

  1. 60 watt x 8 jam =  480 wH
  2. 50 watt x 24 jam = 1200 wH
  3. 60 watt x 8 jam = 480 wH

Total keluarga itu menggunakan listrik sebanyak 2160 watt jam atau 2,16 kwH perhari, sebulan 2,16 x 30 = 64,8 kwH, jadi harus bayar 12960 rupiah saja.

Sayangnya kalo keluarga itu berlangganan listrik dengan daya maksimum 450 VA atau tarif R1 – TR (s.d 450 VA) , keluarga itu tidak dapat subsidi karena kelebihan dari beban maksimum yang 60 kWh menurut skema tarif yang berlaku di PLN sekarang. Beda kalau keluarga tersebut berlangganan dengan tarif  R1 – TR (900 VA), yang dapat subsidi bila menggunakan dibawah 92 kWh, jadi kalo pengen dapet subsidi berlangganan lah dengan harga yang lebih mahal😛

~ oleh kangguru pada Maret 3, 2008.

7 Tanggapan to “Soal Ulangan PLN”

  1. walah, kalo saya main hitung2an kayak begene lbh baik disiruhdisuruh minum kopi kentel dengan gula sedikit aja, kangguru. bikin mumet, hiks. jadi inget zaman sekolah, kalo salah njawab soal, pak guru fisika sering marah2, halah! kangguru ndak seperti itu, kan?

  2. berlangganan yang lebih murah gak dapet subsidi (dapetnya tetep malah)
    yang dapet subsidi harus berlangganan yang mahal (tetep aja mahal)

    jawaban dari soal ujian (kalo yang ujian awak) : tarif listrik naik pak

  3. Kasian Pak, anak2 ikutan disuruh mikirin biaya listrik ortunya…😛

  4. Sekali lagi kebijakan pemerintah yang tidak pro kepada rakyat miskin.

  5. soal yang tak logis … masih zaman dulu nih

  6. boleh donk di post soal2 nya ke web aku🙂

    http://www.soalsoal.com

  7. saya suka tulisan anda, bagus.. semoga anda sukses selalu
    http://teacher-guruku.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: