Soal Ulangan PLN

•Maret 3, 2008 • 7 Komentar

Kemarin saya ngasih ulangan buat anak kelas 3 SMP, soalnya kira-kira begini :

Sebuah keluarga menggunakan peralatan listrik sebagai berikut :

  1. TV yang menkonsumsi daya liatrik 60 watt dan dinyalakan selama 8 jam sehari.
  2. Kulkas lemari es 50 watt terus nyala selama 24 jam sehari.
  3. Tiga buah lampu @20 watt nyala selama 8 jam sehari.

Jika satu bulan dianggap 30 hari, dan PLN mematok hargaย  Rp. 200/kWh berapakah rekening yang harus dibayar oleh keluarga tersebut???

nah sekarang itung-itungannya :

  1. 60 watt x 8 jam =ย  480 wH
  2. 50 watt x 24 jam = 1200 wH
  3. 60 watt x 8 jam = 480 wH

Total keluarga itu menggunakan listrik sebanyak 2160 watt jam atau 2,16 kwH perhari, sebulan 2,16 x 30 = 64,8 kwH, jadi harus bayar 12960 rupiah saja.

Sayangnya kalo keluarga itu berlangganan listrik dengan daya maksimum 450 VA atau tarif R1 – TR (s.d 450 VA) , keluarga itu tidak dapat subsidi karena kelebihan dari beban maksimum yang 60 kWh menurut skema tarif yang berlaku di PLN sekarang. Beda kalau keluarga tersebut berlangganan dengan tarifย  R1 – TR (900 VA), yang dapat subsidi bila menggunakan dibawah 92 kWh, jadi kalo pengen dapet subsidi berlangganan lah dengan harga yang lebih mahal ๐Ÿ˜›

Iklan

Bahan Ujian Nasional SMA 2008

•Februari 24, 2008 • 14 Komentar

Mumpung lagi libur, upload aja ach

Dah ah segitu dulu enatr disambung lagi kalo masih sempet ๐Ÿ™‚

Panduan Ujian Nasional SMP 2008

•Februari 21, 2008 • 21 Komentar

Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Tahun lalu pernah saya upload panduan Ujian Nasional SMP 2007 di divshare, sayang karena sesuatu hal, divshare ngak bisa berbagi file untuk kawasan asia tenggara. ๐Ÿ˜ฆ Kali ini saya kembali Upload hasil ngintip di puspendik, panduan ujian Nasional SMP mata pelajaran:

Untuk SD dan SMA bisa langsung di intip di situs puspendik
atau nunggu saya uplaod.
Eh BTW sementara saya pake jasa baik dari mediafire, kalau ada kesulitan donlod, mungkin teman teman punya usul tempat berbagi file yang baik?

Hiks divshare sebenarnya dah cukup bagus cuman sayang sekarang ngak bisa dipake berbagi file bagi yang punya account gratisan model saya ๐Ÿ˜ฆ

Racun itu mulai bekerja

•Februari 16, 2008 • 14 Komentar

Gara-diracuni teman yang baik hati, dengan meminjami kamera seperti yang ditulis di tulisan ini dan ini, menderitalah aku sekarang. Racunnya bener bener bekerja sesuai dengan harapan, bahakan kalau dihitung dosis mungkin dah over dosis. Akibatnya ya jadi kayak gini nih…

bunga kuncup

hehehehhe, Sebagai efek samping yang harus diderita adalah :

  1. Aktifitas ngeblog jadi berkurang jauh, meskipun sempet 2 warung baru yang ngak keurus. emang yang ini keurus ๐Ÿ˜›
  2. Metoda blogwalking juga berubah, jadi baca via google reader aja. ( maaf buat teman teman mungkin ngak sempet meninggalkan jejak )
  3. Ngidam kamera dSLR beserta segala macam accesorisnya, dan ini efek yang cukup parah. Mengingat menimbang dst cuma bisa ngeliatin list harga yang tak terjangkau.
  4. Efek bagusnya mungkin sekarang lebih banyak liatin kebun dan istri tetangga.

Mengingat efeknya cukup menganggu, kayaknya perlu pertolongan medis dari bu Dokter.

Jepret

•Januari 11, 2008 • 45 Komentar

Gara-gara dipinjami kamera sama seorang kawan yang berusaha meracuni dengan hobby photografi, ya akhirnya di coba jeprat-jepret sambil petantang petenteng bawa kamera pinjaman.

Lumayan asyik juga petantang petenteng ke halaman dan kebun tetangga, aneka bungan dan satwa saya paksa jadi model ๐Ÿ™‚ abis ngak punya modal buat bayar model sich.

Bunga Merah

Ups lensanya kebalik… biarin yang penting bunganya masih merah warnanya

Datanglah kau ku jerat

yang ini sedang ngetem menunggu mangsa … hehehhe

Sebaiknya jangan di klik Jangan di Klik

Ngaca pada buku

•Januari 8, 2008 • 12 Komentar

Ternyata saya tidak termasuk guru yang efektif, setidaknya ini menurut daftar isian yang diberikan oleh Vesna Nicolic dan Hanna Cabaj, damn kedua orang itu menelanjangi saya dengan daftar isian sebanyak 249 halaman. ๐Ÿ˜›

Buku ini dibuka dengan pertanyaan ” Apakah saya mengajar dengan baik? ” pertanyaan sederhana , namun bisa panjang ceritanya kalau dikaitkan dengan kegiatan sertifikasi guru yang lagi marak belakangan ini. Dalam bab “ On The Road to Exellence Vesna mengutip pendapat Freeman tentang tingkatan guru seiring perkembangan pengalamannya dalam mengajar, Freeman berpendapat untuk guru novice akan berkutat dengan pertanyaan, “Apa yang akan saya ajarkan? … ini sich gue banget hehehehheh.

Sejalan dengan pengalaman mengajarnya akan timbul pertanyaan “Bagaimana saya mengajar?”, itu juga kalo gurunya mau ngaca… ngaca… ngaca. mudahan-mudahan eksplorasi dari pertanyaan itu terus berlajut dengan jawaban tentang aneka teknik, metode dan strategi yang jitu. Sejitu kode togel mbah google.

Nah tahap akhir akan sampai pada pertanyaan “Mengapa saya mengajarkan topik itu, dan mengapa dengan cara ini? “ sayangnya menurut Freeman tidak ada magic formula untuk menjawab pertanyaan itu. Masih diperlukan upaya panjang untuk terus memperbaiki diri.

Mungkin kalau digambarkan aku jadi seperti gambar ini :

nyair

Gambar diambil dari buku nya Vesnaย 

Mengajar masih gebyah uyah, disakompet daunkeun (sunda) semua siswa dianggap sama, sehingga apa yang diceritakan secara gamblang oleh Bang Tajib di sini memang sangat mungkin terjadi … Dah ach kalo anda mau mengisi Lembar kerja Guru yang 249 halaman itu silahkan di unduh disini ukuran filenya sekitar 8,61 MB.

Semoga

•Januari 2, 2008 • 20 Komentar

Ah akhirnya lahir juga ini tulisan. Cape juga rasanya setelah bergelut dengan ulangan umum, bagi raport siswa, kini saatnya bagi raport buat diri sendiri.
Entah kenapa, kalau awal tahun selalu ada percik permrnungan untuk kita semua. padahal tiap hari yang kita lalui adalah hari baru, minggu baru bulan baru dan tahun baru, yang ngak ada yang pamer istri baru kali ye ๐Ÿ™‚ .
Sebulan sudah rasanya belantara text tak kujamah dengan mesra. Maklum pemilik blog sedang sok sibuk hehehhehehe.
Oh ya hampir setahun saya nyampah di dunia maya, heheh ( ini sih mumpung belum ada undang-undang yang melarang membuang sampah sembarangan di blog hehehhehehe )
Setahun ini rasanya belum banyak yang bisa diambil manfaatnya lewat tulisan yang memang ngak bisa diharepin mutunya.
Biasa untuk ngeles ada slogan Isi diluar tanggung jawab percetakan heheheheh
Berbagai ucap semoga terlontar dalam berbagai acara dalam rangka menyambut tahun baru!
Nah dari saya semoga itu kurang lebih :

  • Semoga tahun ini keberkahan dan limpahan Rahmatnya tercurah untuk kita semua
  • Semoga tahun ini kita semua dapat berbuat lebih banyak untuk perbaikan umat
  • Semoga tahun ini bencana segera pergi dari tanah air tercinta
  • Semoga tahun ini rakyat tambah sejahtera
  • Semoga pemimpin kita dapat lebih bijak dari tahun lalu
  • Semoga pemimpin kita terlatih indra pendengarannya bukan cuma mulutnya
  • …… dan ribuan semoga yang tak pernah terucap

Mungkin anda juga punya sejuta semoga di tahun ini…. nah semoga…..